5 Tips Memperindah Hunian dengan Kanopi Rumah

Jenis-jenis Kanopi Rumah

Percantik Hunianmu dengan Kanopi Rumah

Kanopi rumah biasanya dipasang di teras untuk melindungi bagian depan rumah dari serangan air hujan dan panasnya sinar matahari. Selain melindungi, kanopi juga bisa mempercantik bagian depan rumah, sehingga terlihat lebih mewah dan apik. Anda suka menghias eksterior rumah dan ingin memasang kanopi? Bacalah tips di bawah ini.

Sesuaikan Warna Kanopi Rumah dengan Warna Cat Tembok

Saat ini kanopi rumah warna dan modelnya bermacam-macam. Anda bisa memesannya di vendor penyedia jasa pemasangan kanopi. Sebelum memesan kanopi, lihatlah cat rumah Anda. Jika warnanya biru muda, maka pesanlah kanopi warna biru tua, agar terlihat indah dan serasi. Jangan pasang kanopi warna merah cabe, karena malah akan terlihat norak.

Anda juga bisa memasang tenda membrane warna putih untuk mempercantik bagian depan rumah. Warna putih lebih netral, jadi bisa dipasangkan dengan cat tembok warna apa saja. Jangan khawatir, meskipun kanopi jenis ini terbuat dari kain, namun tidak mudah rusak.

Kanopi Rumah (Kanopi Membran)
Kanopi Rumah (Kanopi Membran)

Jenis Kanopi yang Cocok

Ada beberapa jenis kanopi dan cocokkan dengan gaya rumah Anda. Jika bergaya klasik, maka jangan memasang kanopi kaca yang memiliki penopang kayu, karena terlihat janggal. Kanopi kaca lebih cocok dengan rumah bernuansa rustic dan minimalis. Rumah gaya klasik biasanya dipasangi kanopi konvensional yang terbuat dari bahan polikarbonat.

Jika rumah Anda bergaya modern dan funky, maka teras depan akan cocok dipasang dengan kanopi jenis tenda membrane yang modelnya fleksibel. Tenda membrane membuat rumah berkesan lebih rapi dan futuristik. Jika rumah Anda bergaya basic alias belum pernah direnovasi setelah dibeli dari developer, maka Anda bisa mempercantik tampilan depan rumah dengan kanopi kayu.

Ukuran

Sebelum memasang kanopi untuk memperindah teras, maka ukurlah bagian depan rumah terlebih dahulu. Kanopi yang terlalu besar, akan membuat rumah terlihat lucu. Alih-alih cantik, teras depan rumah malah akan tertutup kanopi dan tidak kelihatan dari jangkauan tukang koran. Sebaliknya, ukuran kanopi yang terlalu kecil tidak bisa melindungi teras dengan sempurna. Jadi, ambil meteran dan ukurlah teras depan rumah sekarang juga, agar tidak menyesal di kemudian hari.

Kanopi Rumah
Kanopi Rumah (Kanopi Kain)

Pohon

Apakah ada pohon di bagian depan rumah? Jika ada pohon yang tidak lagi berbuah dan ukurannya terlalu tinggi, maka sebelum dipasang kanopi, tebang saja pohon itu. Hilangkan pohon sebelum ia menua sendiri dan malah bisa roboh dan merusak rumah Anda. Pohon yang terlalu tinggi nanti daun dan rantingnya bisa rontok dan mengotori kanopi, sehingga rumah Anda terlihat kumuh.

Perabot di Teras

Apakah Anda suka membaca koran di teras sambil menyesap kopi di pagi hari? Teras adalah bagian depan rumah yang bisa berfungsi sebagai ruang tamu sekaligus tempat bersantai yang sejuk. Pasanglah perabot yang sesuai dengan gaya Anda, dan pesanlah kanopi yang jenisnya juga sesuai. Misalnya, Anda memiliki rumah yang warnanya dominan cokelat, maka belilah kursi kayu yang modelnya minimalis untuk dipasang di teras depan rumah. Lengkapi juga dengan meja berwarna senada. Untuk kanopinya, pilih jenis kanopi kayu yang meneduhkan sekaligus mempercantik rumah Anda.

Menghias eksterior rumah bisa dilakukan dengan memasang kursi dan meja yang nuansanya sesuai dengan gaya rumah. Cocokkan juga warna kanopi dengan cat tembok, jangan sampai tabrak warna. Ingin pasang kanopi rumah? Percayakan pada canopydecoration.com.